Rabu, 22 April 2009

TAK ISOLASI SESI III

PERENCANAAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK
SOSIALISASI

A. Topik
Terapi Aktivitas Kelompok : Sosialisasi sesi 3:Tahap Bercakap-cakap
B. Tujuan
1. Tujuan umum
 Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok
2. Tujuan khusus
 Klien mampu menanyakan kehidupan pribadi kepada satu orang anggota kelompok
 Klien mampu menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi

C. Landasan Teori
Isolasi sosial adalah keadaan dimana individu mengalami penurunan atau bahkan sama sekali tidak mampu berinteraksi dengan orang lain disekitarnya (Keliat, et al,2006)
Dalam terapi aktifitas kelompok sosialisasi klien di bantu untuk melakukan sosialisasi dengan individu yang ada disekitar klien. Sosialisasi dapat pula dilakukan secara bertahap dari interpersonal ( satu dan satu ) kelompok dan masa.
Terapi Aktivitas Kelompok sosialisasi adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan masalah hubungan sosial. Hasil diskusi dapat berupa kesepakatan alternatif penyelesaian masalah. Klien dilatih menyampaikan perasaannya terhadap stimulus yang ada. Kemampuan klien dievaluasi dan ditingkatkan pada tiap sesi. Dengan proses ini diharapkan respon klien terhadap berbagai stimulus dalam kehidupan menjadi adaptif.


D. Klien

1. Kriteria
a. Sehat jasmani
b. Klien menarik diri yang sudah bersosialisasi
c. Klien yang mampu diajak komunikasi verbal
d. Klien kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulus.
2. Proses seleksi
a. Hasil observasi sehari-hari
b. Informasi dan keterangan dari klien sendiri dan perawat
c. Kontrak dengan klien, yaitu kesediaan klien untuk mengikuti kegiatan berdasarkan kesepakatan mengenai kegiatan, waktu dan tempat.
d. Klien-klien kelolaan dan resume
Adapun klien yang diikutsertakan berjumlah 9 orang

E. Pengorganisasian

1. Hari/ tanggal : Rabu, 11 April 2009
Waktu : 45 menit (Jam 09.00 – 09.45 WIB)
Tempat : R. Rehabilitasi RSJ Dr. Soeharto Heerdjan

Waktu yang di butuhkan tiap langkah
- Orientasi : 10 menit
- Kerja : 20 menit
- Terminasi : 15 menit




Setting Tempat :
- Terapis dan klien duduk bersama dalam lingkaran membentuk huruf U
- Ruangan nyaman dan tenang
- Denah


















2. Tim terapis
Melaksanakan kegiatan TAK supaya berjalan dengan baik, maka tim petugas yang akan melaksanakannya harus terdiri dari leader, co leader, fasilitator dan observer. Adapun pembagain tugas untuk melaksanakan kegiatan TAK terdiri dari :


1. Leader : Lukmanul Hakim
Tugas :
a. Menyusun rencana TAK
b. Mengarahkan proses TAK dalam mencapai tujuan dengan cara memberikan motivasi kepada anggota yang terlibat dalam kegiatan
c. Memfasilitasi setiap sikap anggota kelompok untuk mengekpresikan perasaannya, mengajukan pendapat dan memberikan umpan balik
d. Sebagai role model
e. Sebagai penopang dari anggota yang terlalu lemah atau mendominasi.

2. Co leader : Lengga Kusnandar
Tugas :
a. Membantu leader dalam mengorganisir kemampuan anggota kelompok
b. Membantu mengobservasi kemampuan klien dalam TAK stimulasi persepsi
c. Mengingatkan leader jika kegiatan menyimpang.

3. Fasilitator : Euis Mulyani, Dewi Anggraeni, Inna Yuliana
Tugas :
a. Memfasilitasi anggota kelompok untuk berperan aktif dan memotivasi anggota kelompok
b. Mempertahankan kehadiran anggota kelompok
c. Mencegah atau hambatan kelompok dari dalam maupun dari luar kelompok.



4. Observer : Neneng Hasanah
Tugas :
a. Mengobservasi setiap respons klien
b. Mengamati dan mencatat semua proses yang terjadi dan semua perubahan perilaku klien (jumlah peserta yang hadir, daftar hadir, yang memberikan ide dan pendapat, topik dan diskusi, respon verbal dan non verbal)
c. Memberikan umpan balik kepada kelompok
d. Mengobservasi respons anggota kelompok
e. Mengidentifikasi strategi yang digunakan leader
f. Mencatat modifikasi strategi untuk kegiatan kelompok berikutnya.

3. Metode dan Media
a. Alat :
- Tape Recorder
- Bola plastic
- Kaset
- Buku catatan dan pulpen
- Nama Tag


b. Metode :
- Dinamika kelompok
- Diskusi dan tanya jawab





F. Proses Pelaksanaan
1. Orientasi
a. Salam perkenalan
 Salam dari terapis kepada klien
 Peserta dan terapis memakai name tag

b. Evaluasi / validasi
 Menanyakan perasaan klien saat ini
c. Kontrak
 Menjelaskan topik, tujuan kegiatan dan menyepakati waktu serta tempat
 Menjelaskan aturan main sebagai berikut :
a. Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
b. Jika ada peserta yang ingin meninggalkan kelompok harus minta izin kepada terapis
c. Lama kegiatan 45 menit
2. Kerja
a. Hidupkan lagu pada Tape recorder dan edarkan bola plastik berlawanan dengan arah jarum jam
b. Pada saat Tape recorder dimatikan, anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk bertanya tentang kehidupan pribadi dengan anggota kelompok yang ada disebelah kanan dengan cara :
1. Memberi salam
2. Memanggil panggilan
3. Menanyakan kehidupan pribadi : orang terdekat, dipercayai/ disegani, pekerjaan
4. Dimulai dari terapis sebagai contoh.
c. Ulangi a dan b sampai semua anggota kelompok mendapat giliran
d. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.

3. Terminasi
a. Evaluasi respon subyektif klien
Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK.
b. Evaluasi respon obyektif klien
Menanyakan kembali apa yang sudah tadi lakukan, Memberikan pujian atas keberhasilan kelompok.
c. Tindak lanjut
1. Menganjurkan tiap anggota kelompok bercakap-cakap tentang kehidupan pribadi dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari.
2. Memasukan kegiatan bercakap-cakap pada jadwal kegiatan harian klien.

d. Kontrak yang akan datang
1. Menyepakati kegiatan berikut, yaitu menyampaikan dan membicarakan topik pembicaraan tertenu.
2. Menyepakati waktu dan tempat










STRATEGI PELAKSANAAN
TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI SESI III


I. Strategi Komunikasi
a. Salam Terapeutik
Selamat pagi Ibu - ibu. Sebelumnya kami akan memperkenalkan diri dulu. Nama saya Mantri Lukmanul Hakim, disamping saya ada mantri Lengga Kusnandar, disebelah kanan dan kiri ibu ada Suster Euis Mulyani, Dewi Anggraeni, Inna Yuliana dan suster Neneng Hasanah., ibu-ibu sudah pada kenal kan sama mantra-mantri dan suster – suter yang ada disini. Bagus ibu-ibu

b. Evaluasi / validasi
Bagaimana kabar ibu-ibu pagi ini. Apa semuanya sehat.? ibu-ibu sudah pada mandi dan sarapan belum, sudah pada minum obat belum? ibu-ibu sudah ada yang kenal dengan teman – teman nya yang ada disini. Bagus.

c. Kontrak
saya mau tanya ada yang belum pernah ikut TAK sebelumnya. Bagus semuanya sudah pernah ya mengikuti TAK. ibu-ibu tahu tidak TAK kita kali ini tentang apa. TAK kita kali ini yaitu bercakap- cakap dengan teman.TAK ini akan berlangsung selama 45 menit di ruangan ini. Nanti selama permainan ini berlangsung ibu-ibu tidak boleh meninggalkan tempat ini ya. Kalaupun ada yang ingin buang air ( BAK ) ibu-ibu harus minta izin dulu sama Suster yang ada di sebelah kanan dan kiri ibu. Oke.....



d. Tujuan
Tujuan TAK kita kali ini adalah agar ibu-ibu bercakap-cakap dengan teman – teman yang ada diruangan ini.

II. Fase kerja
Baiklah ibu-ibu, sekarang kita mulai permainannya. Tapi sebelumnya Suster kasih tahu dulu ya cara dan peraturannya. Oke.... ibu-ibu nanti akan dengar lagu yang sudah disetel. Ini lagunya... Coba dengarkan. Dan ini juga ada bola. Nanti bola ini dipegang oleh ibu-ibu lalu diedarkan ke teman yang ada disamping ibu-ibu (bola diedarkan berlawanan dengan arah jarum jam) terus bola diedarkan sampai lagu yang didengarkan berhenti / tidak terdengar. Nah... apabila lagu berhenti dan bola berada ditangan ibu….. berarti ibu yang memegang bola harus bercakap-cakap dengan teman yang ada disebelah kanannya. Sebelumnya ibu yang memegang bola memperkenalkan diri dulu dengan cara yaitu memberi salam terlebih dahulu, terus menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, asal dan juga hobi. Nah... Setelah itu ibu memegang bola menanyakan kehidupan pribadi kepada teman yang ada disebelah kanannya. Sekarang suster akan memberikan contohnya terlebih dahulu . Lalu ibu dengarkan lagi lagu yang sudah disetel kemudian bola diedarkan lagi ke teman – teman yang ada disamping ibu-ibu. Bola diedarkan terus sampai lagu itu berhenti. Lalu apabila lagu berhenti dan ibu-ibu yang memegang bola harus memperkenalkan teman yang ada disebelah kanannya (yaitu nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi) kepada teman – teman yang lain. Sekarang suster akan memberikan contohnya terlebih dahulu. Bagaimana bu, apa ibu-ibu sudah mengerti. Ada yang ingin ditanyakan tidak. Kalau begitu kita mulai saja ya permainannya.




III. Fase Terminasi

a. Evaluasi subjektif
Bagaimana perasaan ibu-ibu setelah kita melakukan TAK hari ini. Apa semuanya senang. Sekarang sudah tahu tentang kehidupan pribadi teman – temannya ya. Dan ibu-ibu juga bisa ya....... Cara bercakap-cakap dengan teman – teman yang lain.
b. Evaluasi objektif
Coba ibu sebutkan lagi cara bercakap-cakap dengan sesama teman yang tadi sudah di ajarkan. Bagus... ibu-ibu hebat ya....Bisa bercakap-cakap dengan teman – teman yang lain.
c. Rencana tindak lanjut
Suster berharap ibu-ibu bisa terus berlatih bercakap-cakap dengan topik yang ingin dibicarakan dengan teman - teman yang lain. Ya. Dan juga memasukan kegiatan kali ini kedalam jadwal kegiatan ibu.
d. Kontrak yang akan datang
Suster harap ibu-ibu mau mengikuti TAK lagi ya. Tempat dan waktu akan disesuaikan nanti. Sekarang ibu-ibu bisa melanjutkan kembali kegiatannya masing – masing.










EVALUASI
1. Struktur
a. Proposal sudah disetujui pembimbing satu hari sebelum kegiatan
b. Persiapan dilakukan satu hari sebelum kegiatan, termasuk ijin menggunakan
b. tempat .
c. Telah dilakukan diskusi kelompok untuk tugas pembagian tugas TAK dan role play (Leader, Co leader, Observer, Fasilitator,)
2. Proses
a. Peserta aktif dalam mengikuti kegiatan sampai selesai
b. 75 % klien dapat mengikuti kegiatan sampai selesai
b. Pegiatan dilaksanakan tepat waktu
c. Leader dan Co leader dapat mengarahkan peserta untuk aktif melaksanakan
kegiatan
d. Observer dapat melaporkan jalannya kegiatan
3. Hasil
a. Sekurang-kurangnya 80% klien dapat menanyakan kehidupan pribadi kepada satu orang anggota kelompok
b. Sekurang-kurangnya 80% klien dapat menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi









LAPORAN PELAKSANAAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK
SOSIALISASI SESI III
DI RUANG REHABILITASI RSJ Dr. SOEHARTO HEERDJAN


Topik : Terapi Aktivitas Kelompok :Sosialisasi Sesi 3
Hari/tanggal: Rabu / 1 April 2009
Waktu : 15 menit (10.00-10.20 WIB)
Pelaksana : Mahasiswa Program Profesi Ners STIKes faletehan serang
Ruang : Rehabilitasi Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan

Tujuan umum
 Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok
Tujuan khusus
 Klien mampu menanyakan kehidupan pribadi kepada satu orang anggota kelompok
 Klien mampu menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi

Sasaran : Klien Isolasi Sosial di Ruang Mawar
Leader : Lukmanul Hakim
Co.leader: Lengga Kusnandar
Observer : Neneng Hasanah
Fasilitator: Euis Mulyani, Dewi anggraeni, Inna Yuliana



Evaluasi
1. Struktur
- Mengajukan proposal 3 sebelum TAK
- Meminta izin kepada kepala ruangan mawar untuk melaksanakan TAK
- Meminta izin kepada Kepala Ruangan rehabilitasi untuk melakukan TAK
- Konsultasi proposal
- ACC proposal
- Tim terapis hadir seluruhnya dalam kegiatan TAK
- Mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan TAK
- Klien yang sudah dipilih dan memenuhi kriteria dan klien tidak hadir semua dalam kegiatan TAK
- Klien dapat mengikuti TAK dari awal sampai akhir

2. Proses
Terapis dapat melaksanakan tugasnya masing-masing meskipun saat kegiatan TAK berlangsung masih terdapat kekurangan. Berikut ini hal-hal positif dan hambatan-hambatan yang terjadi selama TAK berlangsung:
a. Hal Positif:
- Pelaksanaan TAK sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan
- Leader dapat memimpin TAK dan tujuan tercapai.
- Co. Leader dapat mendampingi leader saat kegiatan TAK
- Peserta aktif dan mengikuti sampai akhir kegiatan
- Selama kegiatan TAK klien dapat memperaktekan yang diajarkan dan
- dianjurkan oleh leader (menanyakan tentang kehidupan pribadi : yang di senengi, disegani, dipercaya, terdekat dan dalam hal pekerjaan)
- Observer dapat melaporkan hasil jalanya kegiatan TAK

b. Hambatan – Hambatan:
- Peserta TAK ada yang kurang kooperatif
- Peserta TAK ada yang tidak mengikuti TAK sampai kegiatan selesai
- Fasilitator kurang berinisiatif dalam pelaksanaan TAK

3. Hasil
a. 85% peserta TAK kemampuan verbal (bertanya) tentang kehidupan pribadi pada teman sebelah kananya dan 90% peserta TAK kemampuan verbal (menjawab) tentang kehidupan pribadinya.
b. 100% peserta TAK dapat memberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang ditujukan Kepada peserta.

4. Klien
 Ny.N : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. klien mampu melakukan cara menanyakan tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya.
 Ny.U : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. klien mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya
 Ny.Dj : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK, dan mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya akan tetapi klien tidak dapat mengikuti kegiatan TAK sampai selesai
 Ny. Js : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. Dan Klien mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya.
 Ny.S : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. dan mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya
 Ny.Y : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. Klien mampu menanyakan kehidupan pribadi teman sebelahnya. dan mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya.

5. Kesimpulan
Evaluasi kegiatan TAK telah dilakukan oleh kelompok didapatkan sekitar 85% peserta dapat mengikuti kegiatan TAK sesi 3 yaitu dapat menanyakan kehidupan pribadi teman sebelahnya dan 90 % peserta dapat menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadinya teman sebelahnya.















Formulir evaluasi: TAK

TAK
KEMAMPUAN BERCAKAP-CAKAP

a. Kemampuan verbal;Bertanya
No Aspek yang di nilai Nama Klien
Ny.N Ny.U Ny.Dj Ny.Js Ny.S Ny.Y
1 Mengajukan pertanyaan yang jelas      
2 Mengajukan pertanyaan yang ringkas   X X  
3 Mengajukan pertanyaan yang relevan      
4 Mengajukan pertanyaan secara spontan X   X  
Jumlah 75% 100% 75% 50% 100% 100%


b.Kemampuan verbal;Menjawab
No Aspek yang di nilai Nama Klien
Ny.N Ny.U Ny.Dj Ny.Js Ny.S Ny.Y
1 Menjawab dengan jelas      
2 Menjawab dengan ringkas X     
3 Menjawab dengan relevan      X
4 Menjawab dengan spontan      
Jumlah 75% 100% 100% 100% 100% 75%

c. kemampuan non verbal
No
Aspek yang di nilai Nama klien
Ny.N Ny.U Ny.Dj Ny.Js Ny.S Ny.Y
1 Kontak mata      
2 Duduk tegak      
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai X   X  
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir   X   
Jumlah 75% 100% 75% 75% 100% 100%

Petunjuk :
1. Dibawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien yang ikut TAKS
2. Untuk tiap klien, semua aspek dinilai dengan memberi tanda ’√’ (check list) jika ditemukan pada klien atau tanda “× “ jika tidak ditemukan
3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan
 Kemampuan verbal, disebut mampu jika mendapat nilai ≥ 6; disebut belum mampu jika mendapat nilai ≤ 5
 Kemampuan non verbal, disebut mampu jika mendapat nilai 3 atau 4; disebut belum mampu mendapat nilai ≤ 2. Kemampuan verbal, disebut mampu jika mendapat nilai ≥ 6; disebut belum mampu jika mendapat nilai ≤ 5




DAFTAR PUSTAKA


Suliawati (2005). Konsep Dasar Keperawatan Jiwa Jakarta : EGC.
Keliat Budi anna (2005). Keperawatan Jiwa Terapi Aktivitas Kelompok. Jakarta : EGC.









LAPORAN PELAKSANAAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK
SOSIALISASI SESI 3
DI RUANG REHABILITASI RSJ SOEHARTO HEERDJAN


Topik : Terapi Aktivitas Kelompok :Sosialisasi Sesi 3
Hari/tanggal: Rabu / 1 April 2009
Waktu : 15 menit (10.00-10.20 WIB)
Pelaksana : Mahasiswa Program Profesi Ners STIKes faletehan serang
Ruang : Rehabilitasi Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan

Tujuan umum
 Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok
Tujuan khusus
 Klien mampu menanyakan kehidupan pribadi kepada satu orang anggota kelompok
 Klien mampu menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi

Sasaran : Klien Isolasi Sosial di Ruang Mawar
Leader : Lukmanul Hakim
Co.leader: Lengga Kusnandar
Observer : Neneng Hasanah
Fasilitator: Euis Mulyani, Dewi anggraeni, Inna Yuliana

Evaluasi
1. Struktur
- Mengajukan proposal 3 sebelum TAK
- Meminta izin kepada kepala ruangan mawar untuk melaksanakan TAK
- Meminta izin kepada Kepala Ruangan rehabilitasi untuk melakukan TAK
- Konsultasi proposal
- ACC proposal
- Tim terapis hadir seluruhnya dalam kegiatan TAK
- Mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan TAK
- Klien yang sudah dipilih dan memenuhi kriteria dan klien tidak hadir semua dalam kegiatan TAK
- Klien dapat mengikuti TAK dari awal sampai akhir

2. Proses
Terapis dapat melaksanakan tugasnya masing-masing meskipun saat kegiatan TAK berlangsung masih terdapat kekurangan. Berikut ini hal-hal positif dan hambatan-hambatan yang terjadi selama TAK berlangsung:
a. Hal Positif:
- Pelaksanaan TAK sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan
- Leader dapat memimpin TAK dan tujuan tercapai.
- Co. Leader dapat mendampingi leader saat kegiatan TAK
- Peserta aktif dan mengikuti sampai akhir kegiatan
- Selama kegiatan TAK klien dapat memperaktekan yang diajarkan dan
- dianjurkan oleh leader (menanyakan tentang kehidupan pribadi : yang di senengi, disegani, dipercaya, terdekat dan dalam hal pekerjaan)
- Observer dapat melaporkan hasil jalanya kegiatan TAK

b. Hambatan – Hambatan:
- Peserta TAK ada yang kurang kooperatif
- Peserta TAK ada yang tidak mengikuti TAK sampai kegiatan selesai
- Fasilitator kurang berinisiatif dalam pelaksanaan TAK



3. Hasil
a. 85% peserta TAK kemampuan verbal (bertanya) tentang kehidupan pribadi pada teman sebelah kananya dan 90% peserta TAK kemampuan verbal (menjawab) tentang kehidupan pribadinya.
b. 100% peserta TAK dapat memberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang ditujukan Kepada peserta.

4. Klien

 Ny.N : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. klien mampu melakukan cara menanyakan tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya.
 Ny.U : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. klien mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya
 Ny.Dj : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK, dan mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya akan tetapi klien tidak dapat mengikuti kegiatan TAK sampai selesai
 Ny. Js : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. Dan Klien mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya.
 Ny.S : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. dan mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya
 Ny.Y : Klien koperatif dalam mengikuti kegiatan TAK. Klien mampu menanyakan kehidupan pribadi teman sebelahnya. dan mampu menanyakan dan menjawab tentang kehidupan pribadi teman sebelahnya.

5. Kesimpulan
Evaluasi kegiatan TAK telah dilakukan oleh kelompok didapatkan sekitar 85% peserta dapat mengikuti kegiatan TAK sesi 3 yaitu dapat menanyakan kehidupan pribadi teman sebelahnya dan 90 % peserta dapat menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadinya teman sebelahnya.
Formulir evaluasi: TAK

TAK
KEMAMPUAN BERCAKAP-CAKAP

a. Kemampuan verbal;Bertanya
No Aspek yang di nilai Nama Klien
Ny.N Ny.U Ny.Dj Ny.Js Ny.S Ny.Y
1 Mengajukan pertanyaan yang jelas      
2 Mengajukan pertanyaan yang ringkas   X X  
3 Mengajukan pertanyaan yang relevan      
4 Mengajukan pertanyaan secara spontan X   X  
Jumlah 75% 100% 75% 50% 100% 100%


b.Kemampuan verbal;Menjawab
No Aspek yang di nilai Nama Klien
Ny.N Ny.U Ny.Dj Ny.Js Ny.S Ny.Y
1 Menjawab dengan jelas      
2 Menjawab dengan ringkas X     
3 Menjawab dengan relevan      X
4 Menjawab dengan spontan      
Jumlah 75% 100% 100% 100% 100% 75%

c. kemampuan non verbal
No
Aspek yang di nilai Nama klien
Ny.N Ny.U Ny.Dj Ny.Js Ny.S Ny.Y
1 Kontak mata      
2 Duduk tegak      
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai X   X  
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir   X   
Jumlah 75% 100% 75% 75% 100% 100%

Petunjuk :
1. Dibawah judul nama klien, tuliskan nama panggilan klien yang ikut TAKS
2. Untuk tiap klien, semua aspek dinilai dengan memberi tanda ’√’ (check list) jika ditemukan pada klien atau tanda “× “ jika tidak ditemukan
3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan
 Kemampuan verbal, disebut mampu jika mendapat nilai ≥ 6; disebut belum mampu jika mendapat nilai ≤ 5
 Kemampuan non verbal, disebut mampu jika mendapat nilai 3 atau 4; disebut belum mampu mendapat nilai ≤ 2. Kemampuan verbal, disebut mampu jika mendapat nilai ≥ 6; disebut belum mampu jika mendapat nilai ≤ 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar