Rabu, 25 Februari 2009

lanjutan faktor-faktor....................

BAB III
KERANGKA KONSEP
3.1 Kerangka Konsep
Kerangka Konsep merupakan abstraksi yang tebentuk oleh generalisasi dari hal-hal khusus. Oleh karenanya konsep merupakan abstraksi, maka konsep tidak langsung di amati atau di ukur, konsep hanya dapat di analisis atau di ukur melalui konstruksi atau yang lebih di kenal dengan nama Variabel. Jadi, variabel adalah simbol atau lambang yang menunjukan nilai atau bilangan dari konsep dan variabel yang merupakan suatu yang bervariasi. Atau definisi lain, Variabel adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang sesuatu konsep pengertian tertentu. ( Notoatmodjo, 2005 )
Kerangka konsep penelitian pada dasarnya adalah kerangka hubungan antara konsep-konsep yang ingin diamati atau diukur melalui penelitian yang akan dilakukan.
Berdasarkan teori yang telah dijelaskan pada tinjauan pustaka dan uraian latar belakang, dikemukakan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan ibu adalah Usia, Pendidikan, Pekerjaan. Dari uraian di atas hubungan variabel-variabel tersebut dapat di visualisasikan dalam skema kerangka konsep sebagai berikut :

Gambar 3.1 Kerangka Konsep :Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan ibu tentang bermain anak usia prasekolah.

3.2 Definisi Konseptual
3.2.1 Variabel Bebas (Independen Variabel)
3.2.1.1. Usia adalah lama waktu hidup yang ada (sejak dilahirkan atau di adakan). (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005)
3.2.1.2. Pendidikan berarti bimbingan yang di berikan oleh sesorang terhadap perkembangan orang lain menuju ke arah suatu cita-cita tertentu (Suwarno, 1992 dalam nursalam, 2001)
3.2.1.3. Pekerjaan adalah barang apa yang dilakukan, diperbuat atau di lakukan. (Kamus besar bahasa Indonesia, 2005)
3.2.2 Variabel Terikat (Dependen Variabel)
3.2.2.1. Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau kepandaian yang dimilki seseorang melalui pendidikan atau pengalaman (Kamus Besar Bahasa Indonesai, 2005), dan pengtahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. (Notoatmodjo,2003).

3.3 Definisi Operasional
Tabel 3.1 Definisi Operasional
No Variabel Independen Definisi Operasional Alat Ukur Hasil Ukur / Kriteria Skala Ukur
1. Usia Umur responden pada saat dilakukan penelitian. Dan dihitung dari ulang tahun terakhir. Kuesioner 1. < 20 tahun
2. > 20 tahun Ordinal
2. Pendidikan Jenjang pendidikan formal terakhir yang pernah di lakukan Kuesioner 1. Rendah ( SMP ke bawah )
2. Tinggi ( SMA ke atas ) Ordinal
3. Pekerjaan Jenis aktivitas atau kegiatan responden yang dilakukan secara rutinitas setiap hari. Kuesioner 1. Tidak bekerja
2. Bekerja Ordinal

No Variabel Dependen Definisi Operasional Alat
Ukur Hasil Ukur/ Kriteria Skala ukur
4. Pengetahuan Pemahaman/pengetahuan ibu tentang bermain pada usia prasekolah meliputi unsur :
1. Arti Bermain
2. Fungsi bermain
3. Macam Aktivitas bermain
4. kategori bermain
5. Alat Permainan Edukatif Kuesioner 1. Kurang ( Skor ≤ 55% )
2. Cukup ( Skor 56-75% )
3. Baik ( Skor 76-100% ) Ordinal

3.4 Hipotesis
3.4.1 Hipotesis Nol (Ho1) tidak ada hubungan antara usia ibu dengan tingkat pengetahuan tentang bermain anak usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008.
3.4.2 Hipotesis Nol (Ho2) tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan tingkat pengetahuan tentang bermain anak usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008.
3.4.3 Hipotesis Nol (Ho3) tidak ada hubungan antara status pekejaan ibu dengan tingkat pengetahuan tentang bermain bagi anak usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008.
3.4.4 Hipotesis Alternatif (Ha1) ada hubungan antara usia ibu dengan tingkat pengetahuan tentang bermain anak usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008.
3.4.5 Hipotesis Alternatif (Ha2) ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan tingkat pengetahuan tentang bermain anak usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008.
3.4.6 Hipotesis Alternatif (Ha3) ada hubungan antara status pekejaan ibu dengan tingkat pengetahuan tentang bermain bagi anak usia Prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar