Rabu, 25 Februari 2009

lanjutan faktor-faktor....................

BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
Dari hasil penelitian tentang faktor-faktor yang behubungan dengan tingkat pengetahuan ibu tentang bermain anak usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK. Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008 pada 32 responden, maka pada bab ini peneliti akan menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dan juga beberapa saran bagi semua pihak yang terkait berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Kesimpulan dan saran diuraikan sebagai berikut :

6.1 Kesimpulan
6.1.1 Hasil analisis univariat menunjukan sebagian besar usia ibu yang menyekolahkan anaknya usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK. Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008 yaitu berusia > 20 tahun sebesar 68.7% dan sebagian kecil yaitu berusia ≤ 20 tahun sebesar 31.3%.
6.1.2 Hasil analisis univariat menunjukan sebagian besar tingkat pendidikan ibu yang menyekolahkan anaknya usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK. Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008 yaitu berpendidikan rendah (tamatan SMP kebawah) sebesar 56.3% dan sebagian kecil yaitu berpendidikan tinggi (SMA keatas) sebesar 43.7%.
6.1.3 Hasil analisis univariat menunjukan bahwa status pekerjaan ibu yang menyekolahkan anaknya usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008 sama rata yaitu sebesar 50.0% untuk ibu yang bekerja dan sebesar 50.0% untuk ibu yang tidak bekerja.
6.1.4 Hasil penelitian menunjukan sebagian besar dari 32 ibu yang menyekolahkan anaknya usia prasekolah di Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya desa Panimbang tahun 2008 yaitu berpengetahuan baik tentang bermain anak usia prasekolah sebesar 53.1% dan ibu yang berpengetahuan kurang sebesar 46.9%.
6.1.5 Hasil penelitian analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi Square terhadap variabel-variabel yang diteliti, diperoleh data bahwa Secara statistik ada hubungan yang bermakna antara usia ibu dengan tingkat pengetahuan ibu tentang bermain anak usia prasekolah. Hal ini menunjukan bahwa usia ibu sangat berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang bermain anak usia prasekolah.
6.1.6 Hasil penelitian analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi Square terhadap variabel-variabel yang diteliti, diperoleh data bahwa Secara statistik ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan tingkat pengetahuan ibu tentang bermain anka usia prasekolah. Hal ini menunjukan bahwa makin tinggi tingkat pendidikan ibu, maka makin banyak menerima informasi tentang bermain anak usia prasekolah, sehingga pada akhirnya tingkat pengetahuan ibu tentang bermain anak usia prasekolah adalah baik.
6.1.7 Hasil penelitian analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi Square terhadap variabel-variabel yang diteliti, diperoleh data bahwa Secara statistik ada hubungan antara status pekerjaan ibu dengan tingkat pengetahuan ibu tentang bermain anak usia prasekolah. Hal ini menunjukan bahwa status pekerjaan dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan ibu tentang bermain anak usia prasekolah.

6.2 Saran
6.2.1 Bagi Kelompok Bermain/TK.Tunas Winaya
Sebaiknya melakukan upaya peningkatan pengetahuan ibu tentang bermain anak usia prasekolah yang dapat dilakukan dengan cara :
• Mengadakan pertemuan atau pelatihan kepada ibu-ibu yang memiliki anak usia prasekolah yang diadakan di Kelompok Bermain/TK. Tunas Winaya Desa Panimbang yang membahas tentang kegiatan bermain anak usia prasekolah.dan memperlihatkan contoh alat permainan edukatif agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh ibu-ibu.
• Membuat arena atau suasana lingkungan bermain yang nyaman, dan menambah koleksi alat permainan yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.
• Memberikan buku-buku panduan atau selembaran kertas atau leaflet kepada ibu-ibu yang berisi tentang cara mendidik anak usia prasekolah dalam kegiatan bermain yang bersifat edukatif agar mencapai tumbuh kembang yang optimal dan contoh alat permainan yang dianjurkan untuk anak usia prasekolah.

6.2.2 Bagi Institut Pendidikan di STIKes Faletehan
Disarankan agar STIKes Faletehan sebagai salah satu institusi kesehatan mampu membantu dalam upaya penyediaan informasi serta pelatihan mengenai pembelajaran tentang bermain anak usia prasekolah yang melibatkan mahasiswa/i. Dalam upaya tersebut sebagai bagian dari proses belajar mahasiswa/i.

6.2.3 Bagi Peneliti Selanjutnya
Agar dapat melakukan penelitian selanjutnya terkait dengan masalah pengetahuan tentang bermain anak usia prasekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar